tanamanhidroponiku

tanamanhidroponiku

Cara tanam hidroponik


Setelah proses penyemaian berlangsung selama 7 hari maka kita akan mendapatkan tanaman mengeluarkan empat daun, indikator tersebut yang digunakan untuk melakukan proses selanjutnya yaitu proses penanaman dimana tanaman yang terletak dibaki pesemaian dipindahkan kedalam baki hidroponik yang sudah disiapkan beserta netpot dan perlengkapan lainnya.

tanamanhidroponikku

Setelah itu ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Persiapkan peralatan seperti baki hidroponik, tutup baki hidroponik yang sudah dilubangi, gelas ukur, netpot dengan kain flannel, air pump, dan juga larutan nutrisi A dan B.  Untuk bahan-bahannya bisa dilihat di cara menanam hidroponik

2. Rakit baki hidroponik beserta tutupnya, air pump dan juga netpot seperti gambar dibawah ini, dan usahakan baki hidroponik ditempatkan didaerah yang terkena sinar matahari.  

tanamanahidroponikku

tanamanhidroponikku

3. Masukan air kedalam baki hidroponik untuk jenis baki ini jumlah takaran air sebanyak 6 liter (gunakan gelas ukur), setelah baki terisi air maka tahap selanjutnya adalah memasukan larutan nutrisi dengan rumusan 551 (5ml nutrisi A + 5ml nutrisi B untuk setiap 1 liter air) jadi jika 6 liter air maka 5ml nutrisi A x 6 = 30ml, lalu 5ml nutrisi B x 6 = 30ml dicampurkan kedalam 6 liter air didalam baki hidroponik. (30ml nutrisi A + 30ml nutrisi B dimasukan kedalam baki)

4. Setelah itu pindahkan tanaman yang sudah menempuh proses persemaian selama tujuh hari dan sudah muncul empat daun dari tempat persemaian menuju baki hidroponik, dalam proses pemindahan jangan menarik tanaman dari rockwool biarkan tanaman beserta rockwool dimasukan kedalam netpot yang terdapat dalam baki hidroponik, jangan lupa diberikan label seperti nama tanaman dan juga umur tanaman untuk bisa dimonitoring.  

tanamanhidroponikku

tanamanhiroponikku

5. Nyalakan aerator (air pump/gelembung aquarium) untuk memberikan tambahan oksigen ke tanaman.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat video percobaannya dibawah ini:


Bagimana teman-teman cukup mudah kan? semua percobaan diatas sudah saya lakukan dari awal sampai saat ini dan hasilnya luar biasa bagus tidak ada kegagalan sedikitpun, selamat mencoba dirumah ya.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Cara tanam hidroponik"

  1. wuihhh lengkapnya hidroponik sederhana nih, boleh dicoba juga nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mbak sudah berkunjung, silahkan dicoba mbak sangat mudah kok, semoga berhasil

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komenter jika terdapat pertanyaan mengenai hidroponik.