tanamanhidroponiku

tanamanhidroponiku

Manajemen tanam hidroponik supaya bisa panen tiap minggu dirumah

Kali ini tanamanhidroponikku.com akan memberikan tutorial bagaimana caranya supaya kita bisa panen  sayur tiap minggu dirumah, banyak orang bertanya apa bisa dengan lahan sempit dirumah kita bisa memenuhi kebutuhan sayuran kita tiap minggunya? dan juga banyak yang berkomentar kalau mau panen tiap minggu ya harus menggunakan lahan yang luas!

Sebetulnya bisa kok untuk panen tiap minggu dirumah dengan menerapkan manajemen tanam hidroponik. Apakah bisa di terapkan manajemen tanam di lahan yang sempit, atau hanya menggunakan kit hidroponik yang sederhana semisal dengan menggunakan sistem wick atau sumbu? jawabannya tentu saja bisa, lalu bagaimana konsep manajemen tanam hidroponik tersebut, berikut ini akan kami jelaskan.

Pada dasarnya manajemen tanam hidroponik ini berfokus pada pengaturan waktu pembenihan atau peremaian dan juga peremajaan secara bertahap, jadi kita harus melakukan pengaturan pada saat proses pembenihan atau persemaian dirumah, dan yang terpenting kit atau rak hidroponik kita jangan langsung diisi semua dengan tanaman, akan tetapi bertahap dengan rentang waktu yang berbeda.

Berikut ini ilustrasi dari manajemen tanam yang kami lakukan dirumah, kebetulan kami memiliki rak hidroponik dengan jumlah 8 buah pipa, dan masing-masing pipa memiliki 21 lubang tanam, kemudian dirumah kami juga memiliki 2 buah gully yang terbuat dari talang air yang digunakan untuk tempat pembenihan.

Pembenihan/Persemaian Minggu Pertama:


Pembenihan/Persemaian diminggu pertama dilakukan dengan menaruh benih yang sudah diletakan didalam media tanam rockwool dan kita taruh didalam Gully Benih I kemudian kita tunggu sampai satu minggu. Dan jangan lupa perhatikan benih yang akan kita gunakan, lihat tanggal pada bungkusnya jangan sampai sudah kadaluarsa.

Pembenihan/Persemaian Minggu Kedua:


Setelah satu minggu berlalu diminggu kedua ini kita melakukan pembenihan/persemaian lagi tepatnya dihari yang sama dengan minggu pertama kita melakukan pembenihan/persemaian, tidak ada yang berbeda dalam melakukan pembenihan atau persemaian lakukan sama persis dengan yang dilakukan pada minggu pertama. Kemudian benih yang sudah kita semai di minggu pertama di letakan didalam Gully Benih II dan benih yang baru kita semai diminggu kedua ini kita letakkan pada Gully Benih I

Pembenihan/Persemaian Minggu Ketiga:


Setelah dua minggu berlalu diminggu ketiga ini kita melakukan pembenihan/persemaian lagi tepatnya dihari yang sama dengan minggu pertama dan minggu kedua kita melakukan pembenihan/persemaian, tidak ada yang berbeda dalam melakukan pembenihan atau persemaian lakukan sama persis dengan yang dilakukan pada minggu pertama dan minggu kedua. Kemudian benih yang sudah kita semai di minggu pertama di letakan didalam Rak Peremajaan Hingga Panen hanya dua bagian pipa saja dan yang lainnya dikosongkan untuk minggu depannya kembali (disini inti manajemen tanamnya yaitu jangan keseluruhan pipa diisi oleh tanaman) benih yang disemai diminggu kedua diletakkan pada Gully Benih II dan  benih yang disemai di minggu ketiga ini kita letakan pada Gully Benih I.

Pembenihan/Persemaian Minggu Keempat:


Setelah tiga minggu berlalu diminggu keempat ini kita melakukan pembenihan/persemaian lagi tepatnya dihari yang sama dengan minggu pertama, minggu kedua, dan minggu ketiga kita melakukan pembenihan/persemaian, tidak ada yang berbeda dalam melakukan pembenihan atau persemaian lakukan sama persis dengan yang dilakukan pada minggu pertama, minggu kedua, dan minggu ketiga. Kemudian benih yang sudah kita semai di minggu kedua  di letakan didalam Rak Peremajaan Hingga Panen pada dua bagian sisa pipa yang masih kosong. Benih yang disemai diminggu ketiga diletakkan pada Gully Benih II dan  benih yang disemai di minggu keempat ini kita letakan pada Gully Benih I.

Pembenihan/Persemaian  Minggu Kelima:


Setelah empat minggu berlalu diminggu kelima ini kita melakukan pembenihan/persemaian lagi tepatnya dihari yang sama dengan minggu pertama, minggu kedua, minggu ketiga, dan minggu keempat kita melakukan pembenihan/persemaian, tidak ada yang berbeda dalam melakukan pembenihan atau persemaian lakukan sama persis dengan yang dilakukan pada minggu pertama, minggu kedua, minggu ketiga, dan minggu keempat. Di minggu kelima ini hasil dari pembenihan minggu pertama sudah bisa kita panen. Kemudian benih yang sudah kita semai di minggu ketiga  di letakan didalam Rak Peremajaan Hingga Panen yang kosong setelah melakukan panen pertama. Benih yang disemai diminggu keempat diletakkan pada Gully Benih II dan  benih yang disemai di minggu kelima ini kita letakan pada Gully Benih I.

Nah tadi sekilas ilustrasi mengenai manajemen tanam hidroponik supaya kita bisa mendapatkan panen sayur tiap minggu dirumah, jadi proses ini akan terus berjalan berurutan secara teratur tiap minggunya. dan tentu saja dibutuhkan semangat untuk rajin dalam melakukan persemaian tiap minggunya.

Untuk lebih jelasnya sudah kami siapkan video tutorialnya proses manajemen tanam yang sudah kami lakukan dirumah, semoga video ini bisa lebih membantu teman-teman semua dalam mewujudkan mimpi panen sayur tiap minggu dirumah. Selamat menyaksikan, jangan lupa subscribe dan likenya terimakasih, Selamat mencoba dirumah, semoga sukses, Hijaukan Indonesia.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manajemen tanam hidroponik supaya bisa panen tiap minggu dirumah"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komenter jika terdapat pertanyaan mengenai hidroponik.