tanamanhidroponiku

tanamanhidroponiku

Cara membuat tauge


Anda tentu tahu mengenai tanaman yang sangat baik untuk kesehatan dan juga kesuburan yaitu tauge atau kecambah, yang merupakan tumbuhan (sporofit) muda yang baru saja berkembang dari tahap embrionik di dalam biji. Kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana bercocok tanam tauge dirumah yang mudah dan murah. Sekarang Anda harus mempersiapkan peralatan dan bahan seperti dibawah ini, Anda bisa memanfaatkan peralatan yang ada sudah ada dirumah atau Anda bisa membeli peralatan tersebut ditoserba terdekat dirumah Anda.
Berikut ini perlatan dan bahan yang bisa Anda siapkan:

1. Baki ukuran 38x30x12

tanamanhidroponikku

2. Baki berlubang (usahakan baki tersebut dapat menggantung di baki tanpa lubang)

tanamanhidroponikku

3. Kain flanel

tanamanhidroponikku

4. Kain strimin (yang biasa digunakan untuk menutup loster)

tanamanhidroponikku

5. Kain putih

tanamanhidroponikku

6. Gunting, cutter, penggaris, meteran, pulpen

tanamanhidroponikku

7. Kacang hijau

Sesuai dengan keperluan jika Anda memang berkeinginan untuk membuat tauge yang banyak dan ingin Anda jual Anda bisa membeli lebih dari 1Kg, akan tetapi jika Anda hanya ingin mencoba dan hanya untuk keperluan memasak dirumah ½ Kg juga sudah sangat cukup, karena dalam satu baki kita bisa membuat 3 lapisan.

8. Baki untuk merendam kacang hijau
9. Plastik hitam ukuran besar

Setelah Anda mempersiapkan semua peralatan seperti gambar diatas, maka Anda sudah siap untuk menanam tauge didalam rumah, langkah selanjutnya adalah ikuti semua petunjuk dibawah ini.  

Langkah-langkah menanam tauge dirumah

1. Rendam kacang hijau didalam baki rendam ( untuk satu lapisan kain flannel dan kain strimin cukup ¼ Kg) selama 24 jam atau 1 hari, sebelum direndam selama 24 jam usahakan kacang hijau dibersihkan terlebih dahulu, akan lebih baik jika menggunakan air RO atau air sumur jangan menggunakan air dari PDAM yang mengandung kaporit.

tanamanhidroponikku

2. Persiapkan kain flannel, kain putih, dan juga kain strimin, lalu potong dengan menyesuaikan ukuran bagian dalam baki berlubang (33x25cm).

tanamanhidroponikku

tanamanhidroponikku
tanamanhidroponikku

tanamanhidroponikku

3. Setelah kacang hijau direndam selama 24 jam, langkah selanjutnya adalah kacang hijau tersebut dimasukan kedalam baki, dengan susunan baki sebagai berikut, baki yang tidak berlubang diletakan dibagian paling bawah lalu baki yang berlubang dimasukan kedalam baki yang tidak berlubang, kemudian masukan kain flannel terlebih dahulu, lalu kain strimin diatas kain flannel, kemudian masukan kacang hijau dan ratakan agar tidak menumpuk disatu bagian, kemudian basahi kain putih dengan air dan letakan diatas kacang hijau yang sudah diratakan.

tanamanhidroponikku

tanamanhidroponikku

4. Setelah semua kacang hijau diletakan didalam baki dan ditutup kain putih, langkah selanjutnya adalah memasukan baki beserta kacang hijaunya kedalam kantung plastik hitam atau box container plastik atau lemari yang terpenting tertutup rapat dan ditempat yang gelap, untuk perobaan yang saya lakukan saya memasukan baki beserta kacang hijau kedalam kantung plastik dan saya taruh dibawah tempat tidur.

5. Setelah 3 hari siram kacang hijau tanpa membuka kain putihnya, siram dengan merata 2 sampai 3 kali dalam satu hari tersebut, pada pagi, siang, dan sore hari setelah disiram masukan kembali baki beserta kacang hijau kedalam plastik (setiap selesai penyiraman masukan kembali baki dan kacang hijau kedalam plastik atau box container, atau lemari). 

6. Setelah 5 hari tauge siap dipanen, jika ingin tauge berukuran lebih besar bisa ditambahkan 1 sampai 2 hari waktu panennya


Berikut ini video tahapan pembuatan tauge didalam rumah dari proses persiapan peralatan sampai memanen tauge, semoga dapat membantu.



Vidro persiapan peralatan menanam tauge dirumah


Video menanam tauge


Video proses penyiraman


Video proses memanen tauge

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara membuat tauge"

  1. Apa skala pabrik tidak ada tutorialnya gan? Biar buat usaha.. kalau itu ribet bersihin flanelnya. Kalau ad cara nya atau video tutorial info donk gan ke email saya masterall2101@gmail.com thanks gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika sekala industri sudah kami terapkan tutorial dan videonya akan segera kami upload terimakasih banyak sudah berkunjung

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komenter jika terdapat pertanyaan mengenai hidroponik.