tanamanhidroponiku

tanamanhidroponiku

Cara Pembuatan Sambungan Pipa Sitem DFT/NFT Menuju Pompa Air Yang Terdapat di Dalam Bak Nutrisi

Mungkin sampai saat ini masih banyak diantara teman-teman yang merasa kesulitan ketika menyambungakan pipa inputan dari sistem DFT/NFT yang sudah teman-teman buat menuju pompa air aquarium yang terdapat didalam bak penampungan air nutrisi, saya pun juga pernah mengalaminya, sampai-sampai saya harus melakukan modifikasi dari pipa-pipa bekas yang ada dirumah, sampai harus melakukan pembakaran pada pipa supaya ukurannya menjadi kecil sehingga dapat masuk kedalam lubang outputan pompa air ataupun diperbesar supaya masuk kedalam diameter pipa inputan sistem DFT/NFT.

Nah berikut ini saya berikan tips agar dapat mempermudah penyambungan pipa inputan sistem DFT/NFT menuju pompa air yang terdapat didalam bak penampungan air nutrisi, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Persiapkan peralatan dan bahan seperti berikut ini:
Gergaji besi, Meteran/penggaris, Pensil, Cutter, Selang air aquarium, Flock Sock 1" x 1/2" (1buah), Flock Sock 1/2" X 3/4" (1buah), Sambungan pipa ulir dalam 3/4", Seal tip, Sambungan slang taman, Pipa 1/2" (secukupnya),  Pipa 3/4" (secukupnya).


2. Setelah peralatan dan bahan sudah disiapkan langkah selanjutnya adalah menghubungkan Flock Sock 1"x1/2" menuju Flog Sock 1/2"x3/4" dengan menggunakan pipa 1/2". Potong pipa 1/2" dengan panjang 8 cm, kemudian masukan pipa 1/2" tersebut kedalam Flock Sock 1"x1/2" menuju Flog Sock 1/2"x3/4", kemudian Potong pipa 3/4" dengan panjang 8 cm, kemudian masukan pipa 3/4" tersebut kedalam Flock Sock 3/4"x1/2" menuju sambungan pipa ulir dalam 3/4", seperti pada gambar berikut ini.




3. Setelah rangkaian pipa dan flock sock sudah tersambung seperti pada gambar diatas, langkah selanjutnya adalah persiapkan sambungan selang yang biasa digunakan pada selang taman, kemudian buka sambungan selang tersebut menjadi dua bagian, maka kita akan mendapatkan dua buah bagian sambungan selang dengan dua jenis ulir, yaitu ulir dalam dan ulir luar, yang akan kita gunakan adalah bagian dari sambungan selang yang mempunyai ulir luar, kemudian pasangkan seal tip pada ulir tersebut untuk memperkuat sambungan dengan ulir dalam yang terdapat pada sambungan pipa ulir dalama 3/4".




4. Setelah sambungan selang pada bagian yang terdapat ulir luar diberikan sealtip langkah selanjutnya adalah menghubungkannya dengan rangkaian pipa dan flock sock yang sudah kita buat seperti pada gambar berikut ini.


5. Langkah terakhir adalah menyambungkan rangkaian pipa, flock sock, dan sambungan selang ulir luar yang sudah tersusun menjadi satu bagian menuju pompa air aquarium dengan menggunkan selang pompa aquarium yang biasa digunakan pada aquarium dirumah, kemudian kencangkan sambungan tersebut dengan menggunakan kabel teas/ripet, dan kemudian sambungkan pada sistem DFT/NFT Anda dirumah seperti pada gambar berikut ini.


Bagaimana teman-teman sangat mudah kan, dengan peralatan dan bahan yang dapat dengan mudah kita temui disekitar kita, kita sudah bisa membuatnya, jadi tunggu apalagi segera coba dirumah, hijaukan indonesia.


Berikut ini video tutorial pembuatannya 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Pembuatan Sambungan Pipa Sitem DFT/NFT Menuju Pompa Air Yang Terdapat di Dalam Bak Nutrisi"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komenter jika terdapat pertanyaan mengenai hidroponik.