tanamanhidroponiku

tanamanhidroponiku

Cara membuat hole maker rockwool sebagai alat bantu melubangi rockwool pada saat pembenihan

Mungkin sampai saat ini Anda masih mengalami kesulitan ketika melakukan proses pembenihan seperti yang saya alami karena harus melubangi satu persatu rockwool yang berjumlah ratusan, ehmm.....mmm......mm memang sangat memakan waktu dan juga rasa pegal ditangan dan di tengkuk yang tidak tertahankan. oleh karena itu dalam tulisan ini saya ingin memberikan sebuah ide bagaimana membuat sebuah alat yang dapat membantu dalam proses pembenihan, saya menyebutnya hole maker rockwool untuk alat yang saya buat.


Untuk dapat membuatnya Anda dapat mengikuti langkah-langkah seperti berikut:

1. Siapkan peralatan dan juga bahan seperti gergaji kayu/besi (akan lebih cepat jika mengguakan jigsaw/ gergaji mesin) skrup ukuran panjang 2cm diameter 3mm (30 buah), skrup ukuran panjang 1bm diameter 3mm (4buah), gagang pintu kecil tanpa slot kunci (1 buah), isolasi, gunting, kayu papan bekas pakai (biasanya bekas ngecor rumah), dan juga mal untuk ukuran hole maker bisa dibuat menggunakan software autocad, kalau bingung silahkan print gambar berikut ini (ukuran asli PxL = 25x7.5)

 2. Setelah perlatan dan bahan sudah disiapkan langkah selanjutnya adalah gunting mal yang sudah Anda print tadi kemudian rekatkan dengan menggunakan isolasi pada papan kayu seperti pada gambar berikut ini


3. Setelah mal menempel pada papan kayu langkah selanjutnya adalah melakukan pemotongan pada papan kayu sesuai dengan ukuran dari mal yang sudah diprint dengan menggunakan gergaji.



4. Setelah papan kayu dipotong dan menghasilkan ukuran yang sama persis dengan mal yang sudah diprint langkah selanjutnya adalah menancapkan skrup dengan ukuran panjang 2cm dan diameter 3mm tepat di tengah-tengah tanda silang yang berada didalam mal, untuk lebih mempermudah penancapan skrup dapat menggunakan palu terlebih dahulu, setelah itu Anda tinggal menggunakan obeng plus untuk melubangi papan kayu dengan memutarnya sampai skrup menembus papan kayu, lakukan untuk semua skrup yag berjumlah 30 buah.





5. Setelah semua skrup terpasang pada papan kayu seperti pada gambar diatas langkah selanjutnya adalah memasang gagang pintu kecil untuk mempermudah Anda pada saat memegang hole maker ini seperti pada gambar dibawah ini.


Setelah semua cara tadi Anda buat maka Anda sudah selesai membuat sebuah alat bantu untuk proses pembenihan pada rockwool, sekarang proses pembenihan Anda akan berjalan dengan cepat tanpa harus melubangi rockwool satu persatu, modal yang saya gunakan  hanya Rp.10.000 cukup murahkan, tunggu apa lagi ayo silahkan coba membuatnya dirumah, semoga berhasil.


Berikut ini video tutorial pembutan hole maker rockwool


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara membuat hole maker rockwool sebagai alat bantu melubangi rockwool pada saat pembenihan"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komenter jika terdapat pertanyaan mengenai hidroponik.