tanamanhidroponiku

tanamanhidroponiku

Cara mengatasi daun kuning pada sayuran hidroponik

Akhirnya kami mengalami gagal panen akibat daun berwarna kuning semua, tapi tidak masalah teman-teman namanya juga belajar, kalau nggak gagal ya nggak belajar he..he.. Ternyata banyak faktor yang menyebabkan daun pada sayuran hidroponik kita berubah warna menjadi kuning, jadi menurut pengalaman kami, kita tidak bisa langsung mengatakan bahwa sayuran ini kurang ini atau sayuran ini harus diberikan ini, semua harus di telusuri satu persatu sehingga penanganannya tepat.



Sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu mengapa sayuran hidroponik kita daunnya bisa berubah warna menjadi kuning. 

1. Kurang sinar matahari.

Seperti yang kita tahu dan sering kita pelajari di sekolah bahwa sinar matahari merupakan unsur penting yang di butuhkan tanaman untuk dapat tumbuh dengan maksimal, bila tanaman kekurangan sinar matahari maka daun pada tanaman yang kita tanam akan berubah menjadi kuning ini disebabkan karena proses fotosintesis tidak terjadi secara maksimal, sehingga zat hijau daun tidak terbentuk secara maksimal.

2. Kekurangan air

Ketika kekurangan air maka tumbuhan secara alami akan melakukan proses pengguran daun dengan tujuan untuk menjaga kebutuhan air sehingga tidak mengganggu proses transpirasi pada tanaman, sebelum daun gugur warna daun akan berubah menjadi kuning.

3. Kelebihan air

Ketika tanaman kelebihan air maka akan terjadi kecenderungan busuk akar, semua ini terjadi karena tanaman kurang mendapatkan oksigen, dan proses selanjutnya adalah daun tanaman akan menjadi kuning dan kemudian tanaman akan mati secara perlahan-lahan.

4. Kekurangan nutrisi

Dalam berhidroponik nutrisi merupakan point penting untuk keberlangsungan sayuran yang ditanam, maka pilihlah nutrisi hidroponik yang baik dan sudah teruji. Kekurangan nutrisi pada sayuran hidroponik memiliki dampak yang luar biasa seperti daun berubah warna menjadi kuning dan juga gejala lainnya yang bisa kita lihat pada daun sayuran kita. dan faktor pentingnya dalam menjaga sayuran agar terus dapat menyerap semua kandungan nutrisi dengan sempurna adalah selalu menstabilkan nilai pH pada air nutrisi sesuai dengan tabel standar nutrisi hidroponik. 


Jadi selama kita bisa menjaga ketersediaan air nutrisi dengan baik, kemudian menjaga pH nutrisi sesuai dengan tabel standar nutrisi hidroponik, dan sayuran kita selalu mendapatkan sinar matahari yang cukup maka kita bisa menghindari daun berwarna kuning pada sayuran hidroponik yang kita tanam.

Untuk lebih jelasnya teman-teman bisa melihat video tutorialnya untuk cara mengatasi daun berwarna kuning pada sayuran hidroponik, semoga video ini bermanfaat dan semoga teman-teman yang mengalami hal yang sama dengan kami dapat segera mengatasinya dan dapat segera menghasilkan sayuran yang hijau, sehat, dan segar. Sukses selalu, salam hidroponik.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara mengatasi daun kuning pada sayuran hidroponik"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komenter jika terdapat pertanyaan mengenai hidroponik.