tanamanhidroponiku

tanamanhidroponiku

Cara membuat sistem DFT dengan Greenhouse mini Modal hanya 900 ribu

Halo teman-teman semua kali ini tanamanhidroponikku.com akan memberikan tutorial bagaimana membuat sistem DFT dengan greenhouse mini, dengan sistem ini mudah-mudahan bisa membantu teman-teman semua yang bermasalah dengan hama, dan bisa bisa menjadi solusi untuk mengurangi penggunaan pestisida.



Alat dan bahan yang perlu dipersiapkan antara lain Gergaji besi, Meteran, Alat Tulis, Gunting, Pipa 2.5 " (1 bantang), pipa 1" (6 batang), pipa 3/4" (1 Batang), Knee 1 "(23 buah), T 1" (26 buah), Reduser pipa 2.5" x 1" (8 buah), Valve Soket ulir dalam 3/4 " (1 buah), Dop 1" (2 buah), Reduser 3/4" x 1" (1 buah), sambungan selang (1 buah), Plastik UV 200micron 14% ( secukupnya), Inscetnet (secukupnya), Pompa Aquarium (1buah), Clip UV untuk pipa 1" (14 buah).

Setelah Alat dan bahan di persiapkan maka teman-teman bisa memotong pipa-pipa yang sudah disiapkan menjadi beberapa ukuran sebagai berikut.


Setelah semua pipa dipotong sesuai dengan ukurannya, langkah selanjutnya teman-teman bisa membuat rangka untuk pipa produksi yang tersusun dari sambungan pipa 1" dan juga Knee dan T dengan ukuran 1" seperti pada gambar berikut ini.




Langkah selanjutnya adalah teman-teman bisa melakukan pembuatan lubang untuk tempat netpot pada pipa 2.5", pembuatan lubang menggunakan handbor dengan holesaw ukuran 44mm, jarak antar lubang disesuaikan dengan sayuran yang akan di tanam dalam hal ini saya membuat jarak antar lubang 15cm, dan saya menggunakan isolasi kertas untuk membantu saya mambuat mal yang baik untuk titik pengeborannya, seperti gambar berikut ini.




Setelah pipa 2.5" selesai dilubangi langkah selanjutnya kita bisa membuat rangka untuk greenhouse mininya, dengan melakukan penyambungan pipa 1" dan juga knee dan T 1" sesuai dengan ukuran yang sudah ditetapkan seperti pada gambar berikut ini.
 




Setelah rangka untuk greenhouse selesai kita susun, maka langkah selanjutnya kita bisa merangkai keseluruhan sistem seperti meletakan pipa produksi 2.5" di dalam rangka, kemudian memasang plastik UV dan juga insectnetnya, dan menghubungkan sistem dengan pompa aquarium seperti gambar berikut ini.





Untuk RAB pembuatan sistem DFT dengan menggunakan greenhouse mini ini teman-teman dapat melihatnya pada gambar berikut ini.


Nah mudah-mudahan bisa menjadi refrensi yang bagus untuk teman-teman semua yang akan membangun siustem DFT dirumah, untuk lebih jelasnya teman-teman bisa melihat video tutorialnya berikut ini.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara membuat sistem DFT dengan Greenhouse mini Modal hanya 900 ribu"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komenter jika terdapat pertanyaan mengenai hidroponik.