tanamanhidroponiku

tanamanhidroponiku

Cara pembuatan sistem irigasi/drip system/dutch bucket, modal hanya 132 ribu

Berikut ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat sistem irigasi/drip system/dutch bucket dengan menggunakan ember bekas ice cream, sistem ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada tanaman yang berbuah seperti tomat, cabai, dll, tentu saja dengan alat dan bahan yang mudah ditemui dipasaran, sistem ini akan sangat mudah Anda aplikasikan dirumah.

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat  sistem irigasi/drip system/dutch bucke adalah sebagai berikut:

1. Siapkan peralatan dan bahan seperti gergaji, meteran/penggaris, pensil, ember bekas ice cream, stick drip (5mm), selang irigasi (5mm), nepel ulir (5mm), verlop ring 1" x 3/4" (sesuai kebutuhan), knee 1" ulir dalam (sesuai kebutuhan), hand bor, hole saw 32mm, hole saw 64mm, saletip pipa, kain flanel, netpot besar.


2. Setelah semua peralatan dan bahan siap langkah selanjutnya adalah melakukan pengeboran pada ember bekas ice cream dengan hole saw 32 mm yang nantinya akan menjadi tempat verlop ring 1"x3/4" diletakkan, pertama-tama ukur ember untuk mengetahui titik tengah dimana nantinya verlop ring ditempatkan, setelah mendapatkan titik tengah tersebut maka lakukan pengeboran dan pasang verlop ring dilubang yang sudah dibuat.







3. Setelah verlop ring terpasang dengan baik, langkah selanjutnya adalah melakukan pengeboran pada tutup ember bekas ice cream dengan menggunakan hole saw 64 mm yang nantinya akan digunakan untuk tempat netpot, sama seperti pelubangan untuk verlop ring pertama-tama yang harus dilakukan adalah mencari titik tengah dari tutup ember tersebut, setelah mendapatkan titik tengah dari tutup ember tersebut langsung lakukan pengeboran dengan menggunakan hole saw 64 mm.



4. Setelah pengeboran tutup ember selesai dilakukan langkah selanjutnya adalah memberikan saltip pada ulir luar verlop ring 1"x3/4" untuk mencegah kebocoran, setelah itu pasang knee ulir dalam ukuran 1" kedalam verlop ring tersebut, dan berikan kain flanel pada netpot, dan satu sistem irigasi telah selesai Anda buat.



5. Langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi keseluruhan sistem yang telah Anda buat dengan menambahkan potongan pipa 1" dan juga knee dan tee 1" (sesui kebutuhan desain Anda) untuk saluran pembuangan air menuju bak penampungan nutrisi.



6. Setelah instalasi pipa pembuangan air yang menuju ke bak penampungan air nutrisi selesai, langkah selanjutnya adalah instalasi selang irigasi (5mm) kemasing-masing ember, maka siapkan pipa ukuran 1" yang ujungnya sudah disumbat dengan dop ukuran 1" dan letakkan dibelakan masing-masing ember, kemudian lakukan pengeboran pada pipa tersebut degan mata bor 3mm, diusahakan bor pipa tepat ditengah-tengah posisi ember, kemudian panaskan pipa yang sudah dilubangi tersebut dengan menggunakan korek api, lalu selagi masih hangat masukan nepel ulir 5mm kedalam lubang sampai setengah kedalaman (hati-hati jangan terlalu kuat memasukannya kemungkinan gagal besar jika dilakukan) setelah pipa dingin putar nepel ulir 5mm tersebut sampai kencang, setelah kencang Anda bisa menambahkan lem untuk lebih memperkuat, setelah kuat Anda tinggal memasukan selang irigasi kedalam ujung nepel ulir 5mm yang sudah terpasang pada pipa, kemudian berikan stick drip pada selang irigasi tersebut dan masukan kedalam netpot.





Bagaimana cukup mudah kan?tidak perlu mengelurkan uang yang banyak Anda sudah bisa mengaplikasikan sistem ini dirumah, Ayo....!!!segera diaplikasikan, selamat mencoba, semoga sukses, hijaukan indonesia.


Berikut ini video tutorialnya



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara pembuatan sistem irigasi/drip system/dutch bucket, modal hanya 132 ribu"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komenter jika terdapat pertanyaan mengenai hidroponik.