tanamanhidroponiku

tanamanhidroponiku

Hidroponik sederhana water culture/rakit apung sistem

Tanaman hidroponik sudah sangat populer saat ini banyak orang yang sudah mencoba untuk menanam secara hidroponik di dalam rumah maupun di halaman rumah bahkan ada yang memanfatkan atap rumah sebagai tempat untuk menanam, memang hidroponik merupakan solusi yang tepat untuk kebanyakan orang yang memiliki lahan terbatas untuk bercocok tanam, apalagi jika kita tinggal dikota besar dimana setiap rumah hanya memiliki sedikit lahan untuk bercocok tanam dikarenakan sudah tidak ada  tanah sisa semua sudah tertutup dengan beton. 
lalu bagaimana cara membuat tanaman hidroponik?apakah ada teknik yang sederhana untuk pemula, yang mudah, murah dan berhasil? maka jawabanya adalah "ada" tentu saja ada dengan memanfaatkan barang bekas yang sudah tidak terpakai dirumah ditambah dengan modal sedikit untuk membeli perlengkapan penunjang anda sudah bisa membuat tanaman hidroponik yang sederhana namun tingkat keberhasilannya sangat besar.

berikut ini saya jelaskan langkah-langkah pembuatannya:

1. Siapkan baki hidroponik (bisa menggunakan baki bekas yang ada dirumah Anda)





2. Styrofoam (ukuran sesuaikan dengan tinggi netpot) Karena pada saat saya membuat sistem ini saya menggunakan barang-barang bekas yang masih layak pakai maka Andapun bisa mengikuti langkah-langkah yang saya lakukan, kebetulan saya menemukan Styrofoam bekas dari pelindung kaca kamar mandi dengan ketebalan 2.5cm, tapi jika Anda ingin membeli Styrofoam yang baru itu lebih baik, jadi Anda bisa membeli Styrofoam yang sesuai dengan tinggi netpot.

tanamanhidroponikku

3. Setelah itu potong Styrofoam sesuai dengan bentuk dari baki hidroponik yang Anda gunakan dan usahakan ukurannya kurang dari ukuran diameter dalam atas baki yang Anda gunakan, semisal baki yang saya pakai berukuran 38x30x12cm maka Styrofoam saya potong dengan ukuran 33x25xcm.

tanamanhidroponikku

4. Lalu masukan netpot kedalam Styrofoam seperti pada gambar dibawah ini, bisa dilihat digambar netpot tidak masuk sampai kedalam, akan tetapi hampir sejajar dengan dasar Styrofoam.
   tanamanhidroponikku

5. Masukan semua netpot kedalam Styrofoam dan letakan didalam baki yang sudah terisi air dan juga larutan nutrisi yang sesuai dengan tanaman yang sedang Anda tanam.

tanamanhidroponikku

6. Setelah itu bisa Anda tambahkan Aerator atau water pump, sebagai suplay oxygen untuk akar tanaman.

Nah cukup mudah kan saya yakin Anda dapat membuatnya dirumah, cukup dengan barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai dirumah Anda sudah bisa bercocok tanam.

Ok teman-teman selamat mencoba semoga sukses....!!!







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hidroponik sederhana water culture/rakit apung sistem"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komenter jika terdapat pertanyaan mengenai hidroponik.