tanamanhidroponiku

tanamanhidroponiku

Cara semai tanaman hidroponik


Tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan tahap penyemaian, sebelum tanaman diletakkan pada netpot yang terdapat didalam baki hidroponik. Pada tahap ini proses penyemaian menggunakan media rockwool karena selain murah, lebih steril dan mudah didapat, rockwool juga lebih bisa menampung dan menyerap air lebih banyak. Selain itu media tanam ini mempermudah dalam proses pindah tanam (akar tidak rusak) dari baki persemaian menuju baki hidroponik ( baki yang terdapat netpot dan larutan nutrisi + air).

tanamanhidroponikku

Tata cara proses menyemai:

1. Basahi rockwoll dengan cara mencelupkannya kedalam air (tanpa diperas), pengalaman yang saya lakukan menggunakan air RO dirumah menghasilkan pertumbuhan bibit semai yang baik dibandingkan dengan air dari PDAM, jika tidak ada air RO menggunakan air tanah atau sumur bor juga bisa. 

2.  Siapkan benih yang ingin di tanam

3. Rockwool dilubangi dengan tusuk gigi/sapu lidi ( kurang lebih sedalam 1 cm), usahakan saat melubangi rockwool lihat seratnya, jadi pelubangan searah dengan serat agar akar dapat tumbuh dengan baik kebawah melewati serat serat tersebut.

4. Benih dimasukan kedalam rockwool yang sudah dilubangi, untuk kangkung dan bayam dalam satu rockwool Anda masukan 4 benih terpisah ( tidak didalam satu lubang) untuk pakcow, selada air, dan juga caisim dalam satu rockwool Anda dapat masukan 1 buah benih (didalam satu lubang)

5. Simpan rockwool didalam baki persemaian, dan beri air secukupnya, selama 1 sampai 2 hari dan jangan lupa ditutup dengan plastik hitam dan diletakan ditempat yang gelap, seperti dibawah tempat tidur atau lemari yang terpenting tidak terkena cahaya.

6. Setelah 2 hari biasanya terjadi sprout/kecambah atau pecah biji, akan tetapi lebih baik dicek tiap 1 hari sekali jika Anda melihat sudah ada benih yang pecah biji maka bisa anda pisahkan dan pindahkan beserta rockwoolnya ketempat yang terkena sinar matahari, lalu lihat tabel dihalaman terakhir e-book ini untuk masing masing tanaman berbeda-beda lamanya proses peremaian.

Untuk lebih jelas Anda dapat menonton video berikut dibawah ini:


Sangat mudah kan teman-teman, jangan kawatir semua langkah-langkah diatas sudah teruji dengan baik sampai hari ini, dan tingkat keberhasilannya luar biasa, selamat mencoba dirumah ya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara semai tanaman hidroponik"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komenter jika terdapat pertanyaan mengenai hidroponik.