tanamanhidroponiku

tanamanhidroponiku

Cara pembuatan sistem aeroponik hidroponik, modal hanya 200 ribu

Kali ini tanamanhidroponikku mencoba untuk mengulas cara pembuatan sistem aeroponik hidroponik yang mudah dan dengan harga yang terjangkau tetapi sangat efektif untuk pertumbuhan tanaman karena tanaman akan terus-menerus mendapat suplay nutrisi yang cukup. Bagaiman cara pembuatannya lalu apa saja perlatan dan bahan yang harus disiapkan, ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:


Langkah-langkah pembuatan sistem Aeroponik:

1. Persiapkan peralatan dan bahan seperti gergaji, hand bor, hole saw, cutter, mata bor 4mm, hand tap 5x0,8mm, penggaris, pencil/spidol,  pipa 3/4" (1 lengte), pompa aquarium, selang pompa aquarium, T 3/4" sebanyak 2 buah, Dop 3/4" sebanyak 3 buah, flopsock 3/4" drat dalam, sambungan selang taman, ripet/kabel tis, sprayer 5mm, kontainer box 45L.

2. Setelah peralatan dan bahan sudah disiapkan langkah selanjutnya adalah melakukan modifikasi pada tutup kontainer box 45L yaitu dengan melubanginya yang nantinya akan digunakan untuk tempat netpot. Karena tutup kontainer box bergelombang maka akan kesulitan jika Anda melakukan pengeboran dari atas maka untuk mempermudah pengeboran akan lebih baik jika Anda membalik tutupnya dan melakukan pengeboran dari dalam seperti gambar dibawah ini, dan jarak yang Anda gunakan adalah 10cm antara garis yang atas dan bawah.



setelah titik dari pengeboran sudah Anda buat, selanjutnya Anda bisa melakukan pengeboran dikesemua titik yang sudah Anda buat tadi menggunakan hand bor dan holesaw 44mm, dan jangan lupa setelah pengeboran harus dibersihkan semua tatal atau serpihan dari bekas pengeborannya supaya nanti tidak tercampur dengan air nutrisi.


3. Setelah proses pengeboran selesai dilakukan Anda dapat memasukan netpot kedalam lubang yang sudah Anda buat tadi.



4. Setelah tutup dari kontainer box selesai dimodifikasi dengan dilubangi untuk tempat netpot, selanjutnya Anda bisa melubangi bagian samping kiri dan kanan dari kontainer box sebagai tempat dudukan untuk pipa 3/4", buat terlebih dahulu mal atau garis yang nantinya dijadikan titik pengeboran seperti gambar dibawah ini




Anda dapat menggunakan bagian yang menonjol yang terdapat disamping kiri dan kanan box kontainer, kemudian Anda ambil titik tengah dari bagian tersebut, lalu Anda buat garis lurus dari atas sampai bawah, dan Anda ambil jarak 10cm dari bagian bawah yang menonjol tersebut sebagai titik pengeboran.


setelah titik pengeboran Anda buat selanjutnya Anda bisa melakukan pengeboran dengan hand bor dan hole saw 29mm. Lakukan pengeboran pada semua titik yang sudah Anda buat baik itu disisi kiri dan kanan box kontainer, dan jangan lupa bersihkan semua bekas pengeboran agar tidak tercampur dengan air nutrisi.



5. Setelah selesai melakukan pengeboran untuk tutup dan bagian samping kiri dan kanan box kontainer, langkah selanjutnya adalah melakukan pemotongan pipa 3/4" sepanjang 50cm sebanyak 2 buah. caranya cukup mudah Anda tinggal mengukur panjang pipa 3/4" dengan meteran atau penggaris, kemudian beri tanda pada posisi 50cm, kemudian siapkan kertas untuk penggaris, kenapa kertas? karena kertas mudah ditekuk, setelah itu buat garis melingkar dengan menggunakan kertas tersebut, setelah garis tercipta lakukan penggergajian mengikuti garis yang melingkar tersebut.






Setelah mendapatkan 2 buah pipa 3/4" dengan panjang 50cm langkah selanjutnya adalah memotong pipa tersebut menjadi 2 bagian (25cm) pada masing-masing pipa (lakukan dengan cara yang sama seperti diatas), kemudian menghubungkannya dengan T 3/4".






6. Setelah pipa terpasang dengan T 3/4" langkah selanjutnya adalah melakukan pengeboran pada pipa tersebut untuk pemasangan sprayer 5mm, caranya adalah dengan mengebor pipa tersebut dengan mata bor 4mm dan melakukan pembuatan ulir dengan menggunakan hand tap 5x08mm. sebelum melakukan pengeboran buatlah terlebih dahulu mal atau garis untuk titik pengeboran, jarak yang dapat Anda pakai antar sprayer adalah 5cm, setelah semua titik di bor dan dilakukan pembuatan ulir dengan hand tap selanjutnya Anda bisa memasukan sprayer 5mm kedalam lubang yang sudah Anda bor dan dibuatkan ulirnya tersebut.







7. Setelah semua lubang selesai dibuat dan sprayer sudah dimasukan kedalamnya, langkah selanjutnya adalah memasukan satu set pipa 3/4" tersebut kedalam box kontainer yang sudah dibuatkan dudukan untuk pipanya.


kemudian bagian kiri dan kanan pipa ditutup dengan menggunakan dop 3/4" dan juga flopsock 3/4" drat dalam dan juga sambungan selang yang sudah dijadikan satu.




kemudian buatlah lubang lagi pada bagian tengah antara dop3/4" dan flopsock 3/4" drat dalam yang sudah terhubung dengan sambungan selang, sebagai tempat masuknya selang aquarium.


kemudian hubungkan flopsock 3/4" drat dalam dengan pompa aquarium dengan menggunakan selang aquarium.




8. Lakukan pengujian dengan memasukan air kedalam box kontainer, dan hidupkan pompa aquarium, jika air tersemprot keluar melalui sprayer dengan sempurna berarti Anda sudah berhasil membuat sistem aeroponik ini.


Bagaimana mudah sekalikan cara membuat sistem aeroponik ini, dengan peralatan dan bahan yang mudah didapatkan disekitar Anda saya yakin Anda dapat dengan mudah mengaplikasikannya dirrumah, selamat mencoba, hijaukan Indonesia



Berikut ini video tutorial pembuatan sistem aeroponik, semoga bisa lebih memperjelas, selamat menonton


Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Cara pembuatan sistem aeroponik hidroponik, modal hanya 200 ribu"

  1. Mhn infonya. Kalau mau pakai sprayer 7mm, pakai hand tap ukuran brp ya? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika bapak menggunakan sprayer ukuran 7mm kemungkinan besar bapak harus menggunakan handtap ukuran 7mmx1mm karena kebanyakan yang ada dipasaran itu, terimakasih banyak sudah berkunjung. Sukses selalu

      Delete
  2. Apakah utk memasang sprayer harus pake hand tap utk mbuat ulirnya.
    Kalau ga pake/dbuat ulirnya, gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk memasangnya kami sarankan untuk menggunakan hand tap supaya lebih rapi dan tingkat keberhasilannya tinggi, jika memang tidak ada hand tap bisa dengan melakukan pengeboran terlebih dahulu dengan mata bor 3mm kemudian pada lubang pipa tersebut dilakukan pemanasan dengan lilin sampai lumayan empuk (tapi jangan terlalu empuk ya) setelah itu nepel 5mm dimasukan kedalam lubang yang setengah empuk itu dengan diputar kearah kanan seperti mengencangkan baut, kemudian tunggu pipa sampai dingin setelah itu bisa ditambahkan dengan lem besi untuk mencegah kebocoran. terimakasih sudah berkunjung

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komenter jika terdapat pertanyaan mengenai hidroponik.