tanamanhidroponiku

tanamanhidroponiku

Cara pembuatan sistem Fogponic, modal hanya 190 ribu

Kali ini tanamanhidroponikku mencoba untuk mengulas cara pembuatan sistem hidroponik yang lain yaitu Fogponik, dimana sistem ini memanfaatkan kabut untuk mengalirkan nutrisi kepada tanaman, bagaimana cara pembuatan dan apa saja perlatan dan bahan yang harus disiapkan? mari kita simak langkah-langkahnya dibawah ini:


Langkah-langkah pembuatan sistem fogponik:

1. Persiapkan peralatan dan bahan seperti handbor, holesaw, cutter, penggaris, pensil, spidol, kontainer box 45L, fogger (alat pembuat kabut).


2. Setelah peralatan dan bahan sudah disiapkan langkah selanjutnya adalah melakukan modifikasi pada tutup kontainer box 45L yaitu dengan melubanginya yang nantinya akan digunakan untuk tempat netpot. Karena tutup kontainer box bergelombang maka akan kesulitan jika Anda melakukan pengeboran dari atas maka untuk mempermudah pengeboran akan lebih baik jika Anda membalik tutupnya dan melakukan pengeboran dari dalam seperti gambar dibawah ini, dan jarak yang saya gunakan adalah 10cm antara garis yang atas dan bawah.



setelah titik dari pengeboran sudah Anda buat, selanjutnya Anda bisa melakukan pengeboran dikesemua titik yang sudah Anda buat tadi menggunakan hand bor dan holesaw 44mm, dan jangan lupa setelah pengeboran harus dibersihkan semua tatal atau serpihan dari bekas pengeborannya supaya nanti tidak tercampur dengan air nutrisi.



3. Setelah proses pengeboran selesai dilakukan Anda dapat memasukan netpot kedalam lubang yang sudah Anda buat tadi.


4. Siapkan air nutrisi sesuai dengan PPM yang dibutuhkan oleh tanaman kita, untuk jumlah literan saya menggunakan takaran 8 liter air nutrisi (bisa menggunakan gelas ukur atau wadah bekas ice cream 8L). Kemudian masukan air nutrisi kedalam kontainer box.



5. Setelah air nutrisi dimasukan kedalam box kontainer selanjutnya Anda bisa menyiapkan Fogger (alat pembuat kabut), kemudian masukan Fogger kedalam larutan air nutrisi dan aktifkan Fogger tersebut dengan menghubungkannya ke adaptor 24V DC. dan tunggu beberapa saat kemudian kabut akan tercipta.




6. Setelah kabut tercipta Anda bisa menghalau kabut keluar dari lubang netpot dengan cara menambahkan media tanam hydroton dan juga menutupinya dengan plastik pembungkus makanan.


Ya cukup mudahkan proses pembuatannya dengan peralatan dan bahan yang mudah ditemui disekitar Anda saya yakin Anda akan dengan mudah mengaplikasikan sistem ini dirumah, jadi tunggu apa lagi ayo segera dibuat ya dirumah.



Berikut ini video tutorial pembuatannya semoga bisa lebih memperjelas dalam proses pembuatannya, selamat menonton.


Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Cara pembuatan sistem Fogponic, modal hanya 190 ribu"

  1. Luarrr biasa! Boleh dicoba tuh kykny asyik deh! ")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mencoba dirumah, semoga sukses bercocok tanam hidroponiknya.

      Delete
  2. Replies
    1. Selamat mencoba dirumah, semoga sukses bercocok tanam hidroponiknya

      Delete
  3. sedikit masukan dari saya yang juga pecinta hidroponik, saya juga pemula dan kalau saja sang penulis ingat akan suhu air akan naik mengingat led dar alat fog dan dari mesin fog itu sendiri, jadi saran saya sebaiknya di tambahkan mesin penghasil oksigen yang dapat anda dapatkan di toko aquarium, mesin penghasil oksigen tersebut setidaknya bisa mendinginkan suhu air yang secara terus menerus di panasi oleh alat dan led alat. Semoga bermanfaat dan silahkan di koreksi kalau mmg ada kesalahan. Koreksi adalah ilmu tambahan seperti yang juga di dapatkan dari nutrisi yang di berikan manusia kepada semua tanaman hidroponik. Salam Hidroponik Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih banyak untuk saran yang bagus, akan kami pertimbangkan untuk membuat tutorial nya baik itu dalam tulisan maupun dalam video, terimakasih sudah berkunjung. Salam Hidroponik Indonesia

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komenter jika terdapat pertanyaan mengenai hidroponik.