tanamanhidroponiku

tanamanhidroponiku

Cara pembuatan sistem NFT hidroponik, modal hanya 300 ribu

Kali ini tanamanhidroponikku.com akan memberikan tutorial cara pembuatan sistem hidroponik yaitu sistem NFT, dengan menggunakan peralatan dan bahan yang mudah kita temui dirumah dan disekitar kita.
Ok langsung saja kita mulai, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Persiapkan peralatan dan bahan-bahan seperti berikut:


Siapkan ember yang biasa kita pakai untuk mencuci dirumah, kemudian gergaji, jigsaw(gergaji mesin), hand bor, penggaris, meteran, hand tab M5x0,8, knee 3/4" (2 buah), dop 3/4" (1 buah), selang aquarium, selang hidroponik 5mm (1m), nepel hidroponik 5mm (6buah), mur baja ringan (1 set), binder clip (10 buah) pompa aquarium (tinggi 1m), lem Asahi, Talang air (1 buah), pipa 3/4" )1 lengte), baja ringan 0.75 (2 lengte), pencil, cutter, flopsock 3/4" ulir dalam, sambungan selang air, mata bor 4,5mm dan mata bor 5mm.

2. Setelah perlatan dan bahan siap hal yang terlebih dahulu dilakukan adalah melakukan pengukuran tinggi dari ember yang akan kita pakai, hal ini diperlukan untuk mengetahui ukuran tinggi dari meja yang akan dibuat, meja disini berfungsi untuk dudukan dari talang air yang nantinya akan digunakan untuk tempat tanaman tumbuh. Dalam hal ini ember yang dipakai memiliki tinggi 21,5cm sehingga tinggi meja yang akan dibuat adalah 35cm.


3. Setelah tinggi ember diketahui selanjutnya kita melakukan pemotongan baja ringan dengan ukuran sebagai berikut panjang 100 cm (4 buah), panjang 60cm (5buah), panjang 35cm (4 buah) yang nantinya semua potongan ini akan disusun menjadi sebuah meja, dalam penyusunannya atau penyambungannya cukup melakukan pengeboran baja ringan dengan menggunakan baut khusus yang biasa digunakan untuk menyambung baja ringan.




4. Setelah proses pembuatan meja selesai langkah selanjutnya adalah melakukan modifikasi pada talang air agar bisa digunakan sebagai tempat tumbuh tanaman, yaitu dengan cara memotong talang air menjadi 4 bagian yang masing-masing bagiannya berukuran 100cm.


setelah terpotong menjadi 4 bagian talang air, kemudian kita ambil 1 buah untuk kita potong menjadi 3 bagian yang nantinya berfungsi sebagi tutup.



setelah proses pembuatan tutup selesai langkah selanjutnya adalah kita melakukan modifikasi untuk 3 buah talang air yang tersisa dengan melakukan pemotongan pada bagian atas dari bagian kiri dan kanan talang yang nantinya berfungsi sebagi penahan dari tutup yang sudah dibuat. Jangan sampai salah potong, yang kita potong adalah bagian garis yang paling atas, hati-hati di bagian sisi talang terdapat 2 buah garis, kita potong garis yang paling atas.



setelah berhasil melakukan pemotongan selanjutnya kita membuat dudukan tutup dengan sisa potongan dari sisi talang tadi dengan menggunakan binder clip dan juga lem Asahi. Lem diseluruh bagian yang sudah kita berikan binder clip, kemudian tunggu sampai kering lalu cabut semua binder clip yang terpasang, dan kemudian bisa kita coba untuk memasukan tutupnya.






5. Setelah proses modifikasi talang berhasil langkah selanjutnya adalah proses instalasi di meja yang sudah kita buat dengan menggunakan baja ringan tadi. Kemudian kita persiapkan pipa 3/4" beserta kedua buah knee dan dop 3/4". Setelah itu kita lubangi tutup dari talang air tersebut sesuai dengan tanaman yang akan kita tanam kalau pakcoy atau selada bisa kita membuat jarak antar lubang 15cm atau 20cm. Kemudian susun pipa seperti gambar dibawah ini. Pada sambungan pompa menuju pipa 3/4" menggunakan flopsock 3/4 ulir dalam yang terhubung dengan sambungan selang ulir luar, kemudain dihubungkan dengan selang aquarium.



6. Setelah pipa berhasil terinstal, langkah selanjutnya melakukan pemasangan nepel 5mm dan juga selang hidroponik 5mm. Bor pipa dengan mata bor 4,5mm sesuaikan dengan posisi dari talang airnya, kemudian setelah dibor lakukan pengetapan dengan menggunakan hand tap M5x08 setelah itu baru bisa kita pasang nepel 5mm kedalamnya. Proses akhir adalah memasang selang hidroponik pada nepel kemudian dimasukan ke dalam lubang yang sudah dibuat pada tutup talang, pelubangan pada tutup talang dengan menggunakan mata bor 5mm.





7. Setelah semua proses telah selesai kita lakukan dan semua bagian selesai kita rakit selanjutnya kita dapat melakukan pengujian sistem, cek semua apakah ada kebocoran, jika ada kita bisa melakukan pengeleman pada setiap sambungan, jika tidak ada selamat Anda sudah berhasil membuat sistem Hidroponik NFT.



Berikut ini video tutorial dari pembuatan sistem NFT hidroponik, semoga bisa lebih memperjelas proses pembuatannya selamat menonton, jangan lupa subscribe dan likenya. Terimakasih


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara pembuatan sistem NFT hidroponik, modal hanya 300 ribu"

  1. Apakah ada spesifikasi khusus di pompa aquariumnya ya?
    Saya baru coba tapi sepertinya kurang kuat ngangkat airnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk mudahnya belilah pompa air sesuai dengan tinggi dari sistem yang sudah anda buat kalau tinggi sistem anda 1m semisal maka beli lah pompa yang 1.5m karena biasanya pompa di pasaran 1.5m tertulis di dalam kemasan tapi kenyataannya hanya 1.2m saat dijalankan. terimakaih sudah berkunjung

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan tinggalkan komenter jika terdapat pertanyaan mengenai hidroponik.